home
about me
fave picks
contact
Lila and I - Visit To Psychologist (3)
Tuesday, November 27, 2007
Sooooo.....here come the result..eng ing eng.....

eyang Yudi (ey): "Bu....Lila itu ternyata pure sibling problem. Dia cenderung merasa tersaingi oleh adiknya"

aku: " Oh gitu ya bu??? Taunya gimana???" --> mosi tidak percaya dot com

ey: : Ini berdasarkan hasil interaksi saya selama ini dengan Lila...salah satunya bisa dilihat dari reaksinya saat diberikan cerita/ gambar tentang hubungan kakak adik...Lila terlihat agak terganggu (or she said terintimidasi ya?? I forgot...) jika saya tunjukkan gambar-gambar tersebut".

aku: "siiigghhh...............gitu ya bu.....bukan karena kangen sama Papanya?"

eb: "Yah... itu hanya salah satu pemicu semakin parahnya problem sibling jealousy-nya Lila"

aku:" Ok bu... jadi sebaiknya gimana untuk memperbaikinya?"

eb: "Lila ikut terapi bermain ya....dan yang paling penting Ibu juga harus memperbanyak perhatian kepada Lila... lebih intens jika berkomunikasi .... kalau bisa dengan kalimat/ pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang dari Lila....jadi dia terbiasa mengungkapkan isi hatinya pada Ibu...tidak merasa dinomorduakan (hiks hiks...gleeekkk). Lila harus terus dibiasakan untuk menceritakan apa yang dia rasakan".

aku:"Ok bu....insyaAllah akan saya usahakan semua yang terbaik untuk Lila ..... Hmmm, jujur aja kayanya cerita panjang lebarnya itu sebenernya yang agak susah bu...karena Lila sendiri dari sananya emang lebih suka cerita yang pendek-pendek aja......tapi will try...harus ya bu....."

eb: "Iya bu....komunikasi Ibu dengan Lila sangat berperan dalam hal ini. Jangan lupa, Ibu juga harus memperhatikan komunikasi dengan adiknya juga agar tetap berimbang ya".

----------

Dah begituuuu.........kira2 itu deh inti pembicaraan sesi ke3 Ibu, Lila dan Eyang Yudi Markum.
Next week Lila mulai ikut terapi bermain.....tujuannya supaya dia lebih bisa OPEN ...mau cerita.... lebih aktif.... lebih percaya diri..... dan yang paling penting gak merasa dinomorduakan dari Nawal.

Dan aku sendiri....PR besarnya adalah:
1. Harus lebih bisa "ngemong" Lila... harus bisa sering berkomunikasi intens dengan Lila...harus bisa senantiasa meluangkan waktu untuk Lila,
2. Harus sabaaaar....jika dalam prosesnya tidak selalu bisa berjalan lancar sesuai keinginan,
3. Harus terus belajaaarrr......jadi Ibu itu artinya kan belajar terus menerus ya...agar selalu dapat memberikan yang terbaik untuk anak-anak tercinta.

---------

Beri saya kekuatan ya Allah. Beri saya kekuatan agar senantiasa dapat memberikan yang terbaik pada Kalila .... pada Nawal ....... Amiin.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home