home
about me
fave picks
contact
Lila and I - Visit To A Psychologist (1)
Monday, November 19, 2007
Akhirnya setelah mencoba bertahan dengan ilmu ke-ibuan-ku yg sekadarnya....kemarin aku dan Lila mulai sesi pertama konsultasi kami dgn Psikolog khusus perkembangan anak. Tempatnya di Fak psikologi ged C, UI Depok.

Knaps mesti ke psikolog??? Karena aku merasa sudah kewalahan dan sudah tidak bisa rasional lagi menghadapi Kalila yg akhir2 ini lumayan susah untuk diajak kerja sama...agak sedikit mem"bangkang"...Hmmmm, sbenernya I'm not sure if it's the right word ya....pokoke...aku ngerasa 4 bulan terakhirn ini kayak ngadepin anak gadis umur 17 thn ajah.....Aku semakin takut salah sikap dalam menghadapi Lila, aku khawatir akan berdampak gak baik pada hubunganku dgn Lila selanjutnya. Aku keras.....lila juga keras....mentog blassss.........

Kesabaran bener2 diuji banget....Lila itu ya sensi...ya tiba2 suka meledak marah, tiba2 jadi gak disiplin....dll dsb. Sedih lah pokoke...jadi ngerasa agak jauh dari Lila jadinya. Lila juga gak mau bicara dengan papanya yg lagi skolah di Italy. jadi klo di telpon gak mau bicara.....gak mau liat webcam...Trus kalopun akhirnya mau pake headset, dia cuma diam aja...sambil matanya berlinang-linang air mata alias nangis gak bersuara...gak berkata apa-apa. Nelangsa banget deh liat Lila begitu......

So, pendek kata, kemarin itu baru pengenalan aja dulu....pertama aku yg masuk sekitar 45 menit dan ditanya2 semua hal ttg Lila mulai dari kandungan sampai sekarang.....perkembangan fisik...perkembangan motorik kasar dan halus dll.

Trus ditanya2 oleh Ibu psikolog yang baik itu, selama mengandung Lila gimana, ada keluhan gak? Trus sampai Lila lahir hingga sekarang aku gimana??? Apakah ngantor...kalau iya dari jamber sampai jamber...trus Lila sama siapa di rumah....dst dst....

Yg bikin agak stress saat aku jawab bhw dulu aku ngantor...pulang bisa jam 9 malem, psikolognya senyum2 aja...hikshiks, senyumannya bikin aku mau tenggelam ke dalam bumi ajah...padahal blm ngomong apa2 dan senyumnya juga gak sinis...tapi tetep aja...menohok.....Jadinya aku gak bilang klo sbenernya lebih parah lagi, kadang suka ninggal2in juga klo ada training atau ke luar kota atau ke luar negeri ...hiks hiks...takut keburu pingsan melihat respon psikolognya (hiperbol mode on).

Tapi kata temenku yg nemenin....."Bo'......loe mestinya cerita semua tauuuuu....." Fiiuuuhhhhh, iya mestinya iyaaa....ya sud next miting deh, tadi kan masih nervosa kaleeee...

Trus trus suasana interview "mencekam" itu blom selesai, begitu psikolognya tahu aku dah gak kerja di kantor tapi kerja di rumah, doi sempat agak mengernyit dikit (gubraaaksss), "Maksudnya ibu kerja di rumah gimana???".
" Eh..mmmmmmm...........". Sempat gak bisa ngomong beberapa detik....then "Iya bu, saya kerja di rumah lewat internet..."
"Jadi???"...si ibu psikolog lanjut bertanya......
"Ya, jadi kadang2 saya kerja, trus mereka main2 aja dekat saya....." Hiks hiks.......tiba-tiba jadi merasa kayaknya ada yang salah, padahal lagi2 si Ibu psikolog itu sebernya blom bilang apa apa.


Di akhir sesi, untuk agak memecah kegaringan (yang kayanya sepihak...yg garing aku doang soalnya, psikolognya mah santai2 aja ;p), aku sempat ngomong gini ke psikolognya...."Ehhm, ibu mertua saya juga psikolog sih bu....namanya Yanti Sugarda. " oh iyaa...saya kenal kok dengan bu Yanti...adik kelas saya....". Trus udah ...gitu aja hihihi, nice try.....

----------------

Trus sesi berikutnya Lila yg masuk......cuma 30 menit....dia disuruh gambar2 aja sambil diajak ngobrol kayaknya......(soale Lila ditanya jawabnya cuma mesem mesem aja spt biasa).

Hari Kamis besok sesi berikutnya....mudah2an ada berita dari hasil pengamatan sesi pertama itu....

------------

Kemarin itu intinya aku bilang ke psikolognya bahwa aku ingin bisa dekat dengan Kalila....nggak pengen suasana ber"jarak" yang skrg aku rasakan ini berlanjut terus sampai Lila dewasa...Jadi aku pikir kalau memang ada yg salah dari sikap maupun pendekatanku terhadap Lila, aku akan perbaiki dari sekarang.

Aku juga menanyakan apakah sikap Lila karena stress sekolah di SD atau karena kangen sama papanya atau sebab lain.........

Aku juga bilang bahwa aku ingin bisa jadi ibu juga teman bagi Lila... ingin banget jadi orang pertama yang diceritain Lila ttg segala hal, orang pertama yang dimintain pendapat.......aku ingin membuat dia yakin bahwa aku selalu ada untuk dia. Kalau Lila tidur malam-malam, suka aku pandangin dan belai2 sambil berdoa.....semoga insyaAllah kita berdua bisa selamanya dekat di hati ya sayangku.

Sharah
yang kali ini benar-benar merasa belajar dari nol lagi menjadi ibu

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home